Unit Iklan

Waspadai Penyebarannya, Ciri ciri dan Cara Mencegah Virus Penyakit Hepatitis

Photo by Daan Stevens on Unsplash
Hai Sahabat KATAKU...

Tahukah kamu dalam waktu dua minggu ini, Pemerintah Kabupaten Pacitan Jawa Timur di hebohkan dengan Kejadian Luar Biasa ( KLB ) penyebaran virus penyakit Hepatitis A dengan di temukan hampir 800 warga terjangkit penyakit Hepatitis.

Tapi temen temen jangan risau atau khawatir, temen temen cukup mencari tahu dulu apa itu Hepatitis , cara penyebarannya, ciri ciri Hepatitis, Jenis jenis Hepatitis dan cara mencegah Virus Hepatitis. Admin KATAKU akan membimbing teman teman satu persatu mengenai semua hal terkati HEPATITIS sebagai Berikut.

Tahukah Kamu Apa itu HEPATITIS??..

HEPATITIS adalah sebuah virus Hepatitis yang menyerang Hati, hingga mengakitbatkan Peradangan Hati Serius. Penyakit Kuning adalah istilah yang sering di dengar di kalangan masyarakat Indonesia. Penderita penyakit hepatitis pada awalnya sering tidak mengetahui mereka telah terdampak virus penyakit Hepatitis, namun dalam beberapa kejadian atau kasus ada beberapa penderita penyakit Hepatitis mendapatkan atau menampakkan gejala gejala tertentu dari mulai ringan hingga parah.

Apa Saja Ciri Ciri Penyakit HEPATITIS

Sahabat KATAKU, ciri ciri apa bila kita terpapar virus HEPATITIS pada umumnya menunjukan gejala sebagai berikut :

1. Mudah merasa Letih
2. Menderita Demam
3. Nafsu makan melemah bahkan memburuk

Namun ada juga yang mengalami gejala Hepatitis sebagai berikut ini :

  • Warna kulit dan sekitar area putih mata terlihat menguning ( kuning )
  • Merasa Nyeri pada area Sendi
  • Mengalami kenaikan suhu tubuh hingga mencapai di atas 38 derajat celcius
  • Mengalami Kelelahan
  • Menderita Mual dan Muntah
  • Merasakan Nyeri pada area Lambung
  • Air Seni atau Urin terlihat atau tampak gelap seperti teh
  • Terlihat berwarna putih dempul pada feses
  • Mengalami rasa gatal
  • Mengalami Koma atau keadaan tidak sadar di karenakan perubahan mental
  • Mengalami pendarahan dalam tubuh
Gejala gejala tersebut di alami oleh sekitar 20% hingga 30% orang orang yang mengalami gejala virus penyakit Hepatitis.

Jenis jenis penyakit HEPATITIS
  • Hepatitis A
  • Hepatitis B
  • Hepatitis C
  • Hepatitis D
  • Hepatitis E
Cara Pencegahan Virus Penyakit HEPATITIS adalah

Temen temen KATAKU, ada beberapa hal yang mesti temen temen lakuin untuk mencegah penyebaran Virus Penyakit HEPATITIS, salah satunya adalah POLA HIDUP SEHAT dalam kehidupan sehari hari dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, namun ada beberapa cara lainnya yang perlu juga temen temen lakukan untuk mencegah Virus Penyakit HEPATITIS, karena temen temen pasti tahu :
"Mencegah itu lebih Baik, dibanding Mengobati"
 Karena, mengobati itu jelas pasti membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu temen temen harus proaktif dalam menjaga kesehatan. Berikut adalah beberapa cara mencegah penyebaran Virus Penyakti Hepatitis :


  • Selalu gunakan Jarum Suntik Steril yah temen temen, buat temen temen yang ingin atau mau gunakan tato atau tindik tubuh, pastikan dulu jarum yang di gunakan sudah steril dan bersih.
  • Selalu rajin dalam mencuci tangan saat setelah selesai menggunakan toilet.
  • Selalau mencuci tangan saat ingin menyiapkan dan mengolah bahan makanan.
  • Selalu lakukan pemeriksaan rutin kepada dokter
Apakah Penyakit HEPATITIS dapat di obati??...


Ada beberapa hal yang mesti temen temen KATAKU perhatiin sebelum mengobati dan menjalani pengobatan penyakit HEPATITIS. Karena pengobatan HEPATITIS terdiri dari HEPATITIS AKUT dan HEPATITIS KRONIS. Sebaiknya temen temen lakukan pengecekan darah rutin, sehingga dokter bisa mengetahui sejauh mana fungsi hati masih berkerja dengan baik.


__________ HEPATITIS ___________


Bila terjadi wabah Kejadian Luar Biasa ( KLB ) di wilayah kamu, kamu dapat melakukan beberapa cara ini untuk mendiagnosis Hepatitis sebagai beriktu :

CARA MENDIAGNOSIS HEPATITIS


1. Pengecekan Riwayat Kesehatan dan Fisik

Dokter akan memeriksa riwayat kesehatan kamu pada mulanya untuk mengetahui seberapa besar resiku kemungkinan kamu terpapar hepatitis yang menular atau tidak. Setelah itu dokter akan melakukan pemeriksaan fisik seperti dokter akan menekan bagian perut kamu secara lembut untuk menemukan respon rasa sakit atau tidak. Melihat tanda tanda seperti mata kamu menguning dan apakah terlihat pembengkakan atau pembesaran di wilayah hati kamu.


2. Tes Hati

Tes Fungsi Hati di lakukan dengan menggunakan sampel darah untuk mengukur sebara besar kemampuang fungsi dan kerja hati kamu. Kadar enzim yang tinggi pada hati kamu itu dapat diindikasikan bahwa ada kerusakan, stres atau fungsi yang tidak normal di hati kamu. Hasil awal dari tes hati merupakan data dasar awal indikasi untuk pengecekan lebih lanjut apakah kamu menghidap hepatitis atau tidak.


3. Tes Darah Lebih Lanjut

Setelah di lakukan pemeriksaan Hati dengan Tes Hati. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan tes darah lanjutan untuk mendeteksi sumber masalah pada hati kamu. Bahkan hingga mencari dan memeriksa virus apa yang menyebabkan hepatitis pada tubuh kamu. Pemeriksaan ini juga erguna untuk pemeriksaan antibodi pada tubuh kamu secara umum.


4. Pemeriksaan USG

Pemeriksaan USG di lakukan untuk memeriksa organ hati kamu dan organ organ di sekitarnya. Gambaran jelas ini dapat membantu dokter dalam menyimpulkan apa yang sedang terjadi di hati kamu. Apakah terjadi kerusakan atau pembengkakan pada hati, munculnya tumor hati, adanya kelainan pada empedu.


5. Pemeriksaan Biopsi Hati

Pada pemeriksaan biopsi hati, dokter akan melakukan pengambilan sampel jaringan pada hati kamu. Namun jangan khawatir biasanya tidak memerlukan tindakan operasi. Pada tes ini dokter akan bisa menentukan apa penyebab peradangan yang mempengaruhi hati kamu.

__________  VAKSIN HEPATITIS _________


Pemberian Vaksin merupakan adalah salah satu kunci utama dalam mencegah perkembangan hepatitis A dan B. Vaksin Hepatitis A dan Vaksin Hepatitis B sangat di anjurkan bahkan wajib bagi orang dewasa. Vaksin Hepatitis untuk orang dewasa dapat kamu dapatkan di Rumah Sakit, namun Vaksin Hepatitis untuk bayi dan anak anak bisa di dapatkan di Posyandu dan Puskesmas, karena Vaksin Hepatitis untuk bayi dan anak anak telah di subsidi oleh Pemerintah ke dalam lima jenis vaksin dasar.

Selalu rutin lakukan pengecekan kesehatan kamu ke dokter terdekat. Semoga artikel blog sekataku.com ini tentang Waspadai Penyebaranny, Ciri ciri dan Cara Mencegah Virus Penyakit Hepatitis. Dapat menjadi referensi kamu dalam menghadapai dan mengenali tetang virus hepatitis tadi. Semoga kamu tetap sehat selalu yah...




0 Response to "Waspadai Penyebarannya, Ciri ciri dan Cara Mencegah Virus Penyakit Hepatitis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel